Blogshop Beblog 16 Januari 2010

Udah tau di Inggris tercatat ada sekitar 20.000 blog baru per harinya? Udah dengar kalau tahun ini diperkirakan total blog di Indonesia akan mencapai sekitar 1.2 juta blog? Udah nonton film Sherlock Holmes? Bener nggak Film Rumah Dara itu katanya sadis banget ya?

Hmm info-info seperti inilah antara lain yang saya terima ketika mengikuti blogshop yang digelar oleh Komunitas Blogger Bekasi atau nama tenarnya adalah BeBlog. Mau kenal dengan komunitas ini, coba aja klik di web resminya ini. Beblog ini menjadi satu dari sekitar lebih dari 40 komunitas blogger yang ada di seluruh Indonesia. Suatu angka yang sungguh mengharukan membanggakan kita. Dan kita sepertinya akan terus melihat penambahan angka ini, semoga🙂

Acara bertajuk Blog Goes to Campus ini diselenggarakan Sabtu lalu (16/01) di kampus UNISMA Bekasi. Acara yang dimulai sejak pukul 9.45 dan selesai pada pukul 16.00 memuat 5 materi yang sangat menarik. Dua materi bahkan disajikan dalam bentuk tutorial yaitu membuat blog pada blogspot dan wordpress. Sebagian besar peserta yang memang benar-benar belum mengenal dan memiliki blog merasa ini merupakan pengalaman yang sangat berharga buat mereka.

Contohnya saja Mba dosen yang duduk di sebelah saya ini *prikitiuw*, beliau benar-benar terpukau ketika postingan pertamanya terpublish dengan suksesnya, atau ketika si mba *aduh maaf mba saya lupa tanya nama mba* dengan secara gilang gemilang berhasil mengupload foto dalam postingan blognya, satu lagi si mba juga udah bisa bikin tautan lho Siapa dulu tutornya hehehe. Eh iya blog si mba adalah ini kalo nggak salah🙂

Materi diawali dengan 1001 alasan ngeblog, dibawakan dengan sangat menarik oleh mas Aris. Sekian banyak manfaat ngeblog beliau paparkan secara lugas sehingga seluruh peserta yang berjumlah hampir 40 orang ini kalau nggak salah lho mendapatkan pencerahan. Ada sekitar 9 alasan yang beliau paparkan kenapa kita mesti ngeblog, ini saya coba rangkumkan:

1. Ngeblog itu mudah, bahkan bagi org yg belum mengenal internet
2. Sarana untuk sharing
3. Sebagai representasi diri
4. Mengendapkan pikiran
5. Proses pembelajaran dan berlatih menulis
6. Menjalin pertemanan
7. Sebagai tambahan penghasilan
8. Untuk dibukukan, misal Raditya Dhika dengan Kambing Jantannya, Ngeblog dengan Hati (Ndorokakung), Sop Konro (Komunitas Anging Mamiri)
9. Sebagai sarana promosi

Pada sesi tanya jawab ada pertanyaan yang diajukan peserta mengenai kekhawatiran para blogger atas keberadaan UU ITE 2008, beberapa saran Mas Aris dalam mensiasati ini antara lain:
1. Menulis langsung ke permasalahan, bukan untuk menyerang ke pihak tertentu.
2. Lengkapi dengan saran.
3. Jika tulisan keliru jangan segan untuk meminta maaf

Selanjutnya materi yang disertai praktik, yaitu Memuat Blog gratis dengan Blogspot. Materi yang dipaparkan oleh Wahyu Bintang Syuhada ini benar-benar menarik bagi peserta karena disajikan dalam bentuk praktik.

Setelah mengenal blogspot peserta kemudian dikenalkan dengan WordPress, yang kali ini disajikan oleh pemateri Dodi Mulyana. Dengan penyajian dalam bentuk praktik juga pemateri yang juga merupakan kepala suku Deblogger ini juga sukses mengenalkan keunggulan dan aneka kemudahan yang disajikan oleh wordpress dan tetap aja nggak akan mampu membuat saya berpaling dari blogspot hehehe. Dengan langsung dikenalkan dengan 2 pilihan ini peserta dengan leluasa dapat menentukan pilihan mereka.

Setelah Shalat, makan siang dengan lauk yang enak banget, nyesel ambil porsi sedikit dan sedikit beramah-tamah dengan beberapa kenalan baru, tepat pukul satu acara kembali dilanjutkan. Quinie alias Ratu sebagai host acara ini mengenalkan tentang blogwalking kepada seluruh peserta, minimal bertukar komentar, makanan kecil dan permen dengan teman sebangkunya. Beberapa peserta terlihat begitu bahagia ketika postingan perdananya di blog akhirnya mendapat komentar.

Materi selanjutnya adalah tentang Blog berbayar disampaikan dengan ciamik oleh Kang Irfan Zj, kenapa saya katakan ciamik? karena setelah makan siang adalah waktu yang sangat rawan untuk mengisi materi dalam sebuah pertemuan. Umumnya peserta pasti mengantuk, namun kang Irfan berhasil membuat peserta tetap tertarik dengan isi materi yang beliau sampaikan.

Materi terakhir yaitu Komunitas dan Etika Ngeblog disampaikan oleh Mba Ajeng kalau tidak salah beliau lah ketua acara Blog Goes to Campus ini. Di sini kita disadarkan bahwa ketika ngeblog kita tidaklah sendiri. Ada etika ketika kita mulai menulis untuk ranah umum. Diantaranya yang terpenting adalah 2 hal, yaitu kita harus jujur dalam menulis dan tidak segan-segan untuk segera memperbaiki jika kita ada kesalahan dalam menulis.

Ada satu pesan penting yang disampaikan Mba Ajeng sebagai seorang blogger berpengalaman, yaitu anjuran beliau agar kita menjadi blogger yang rendah hati. Rendah hati diwujudkan oleh 3 hal yaitu rajin meng up date blog kita, rajin mengunjungi blog lainnya, dan rajin memberikan komentar di blog mereka.

Eiitt dah udah panjang ajah nih postingan sayah *pukul jidat*. Banyak yang bisa dipelajari di acara ini. Ternyata ada begitu banyak orang-orang di sekitar kita yang belum mengenal apa itu blog. Bahkan di lingkungan yang terdidik seperti di kampus.

Peserta yang mempraktikkan membuat Blog


Peserta Workshop II Beblog Goes to Campus

Panitia In Action

Salut untuk rekan-rekan Beblog yang pastinya telah mempersiapkan acara dengan susah payah. Semua detail telah dipersiapkan dengan baik oleh panitia, seperti sumber listrik untuk laptop yang disediakan di tiap meja, hand out yang baik, makanan dan minuman break session yang sangat lezat, permen yang bisa saya comot dan kantungi, dan pemberian sertifikat bagi setiap peserta yang hadir. Selamat ya mas, kang, dan mba-mba Beblog.

Sertifikat untuk Peserta

Dan acara blogshop pun selesai. Bagai guntur menyambar di siang yang cerah Sekonyong-konyong Dodi memberikan tawaran yang amat-sangat tidak mungkin untuk ditolak yaitu makan-makan. Walhasil saya, Lukman, Quinie, dan Devi dengan tangan terbuka dan gegap gempita menerima tawarin ini. Kami berlima meluncur ke lokasi dengan Ceria (maaf ya klo salah sebut merk mobilnya) milik Devi. Saya lupa nama tempat makannya, yang saya ingat kita semua memesan menu seafood, kecuali Devi yang lagi jatuh cinta sama bebek sambal ijo.

Tempat makan ini sangat menyenangkan. Ada saung-saung juga untuk lesehan. Menu pun beraneka ragam, dari bebek, seafood, sampai masakan padang ada di sini. Kolam renang dan taman bermain anak juga ada lho. Untung kami berhasil menyembuyikan keberadaan taman bermain anak ini dari Lukman hehehe.

Setelah membuat tandas seluruh piring yang disediakan kami pun akhirnya pulang. Hari yang menyenangkan. Bekasi kini menjadi salah satu kota penuh sahabat buat saya. Thanks all🙂

Catatan :
Sumber foto adalah My N78 dan Facebook Dhodie
Special thanks to Lukman yang mengajarkan saya caranya mencoret tulisan-tulisan nggak penting di posting saya ini

This entry was posted in Blogger. Bookmark the permalink.

33 Responses to Blogshop Beblog 16 Januari 2010

  1. katakataku says:

    ihhh saia pertamax bukan yah dipostingan ini (evil_grin)

  2. katakataku says:

    ada 1001 tp kok cuma dirangkum 9 doang seeh (doh)

    ih ada tentang uu ite juga dibahas :-))

    …nggak akan mampu membuat saya berpaling dari blogspot… karena…….???? *ka bisa pake domain berbayar biar tambah pendek tp tetep ditanam di blogger/blogspot (lol)

    blogwalking dan commentwalking (bertukar komentar) itu perlu loh, minimal untuk menandakan eksistensi ke-blogger-an kita (banana_cool)

    akhirnya dapet makan gretongan juga yah (party) (doh)

    Mari MemBloggerkan Masyarakat dan MeMasyarakatkan Blogger !!!

    *udah pake kode emot tapi kok emotnya tetep ga muncul yah?????? -tanya kenapa | kenapa tanya* (haha) (headspin) (rofl) (lol) (lmao) (nottalking)

    *maap, ga niat nyepam lho (ninja)

  3. dhodie says:

    Ck ck ck dasar keras kepala, udah dikasih masih teteb ya pake Blogger *tepok_jidat*

    Eniwei thanks yap untuk kehadirannya, ehm ehm no comment deh untuk bikin coret mencoret di tulisan😛

  4. Iman says:

    Wuhaaaaaha … Kang Addie mah begadang ya semalam. Komen jam segitu *lirik ke jam tertulis 01.04* hehehe

    Eh iya atuh, judulnya emang 1001 tapi masa beneran segituh, ya bisa2 jadi seminar satu minggu dong (lmao)

    Makan gratis? always dong … Iman tea (yahoo)

    Yuk memasyarakatkan ngeblog (rock)(funkydance)

  5. Iman says:

    @Dhodie, iya nih masih belum bisa berpaling dari blogspot hehehe

    Om lukman yang ngajarin coret-mencoret, pas dipraktikkin asyik juga ternyata (dance)

  6. cici silent says:

    Wah… bravo buat acaranya! Smoga ke depannya makin sukses.

  7. Iman says:

    @Cici, Beblog akan menyelenggarakan acara workshopnya tiap bulan lho selama tahun 2010 ini. Mereka kerjasama dengan pihak Telkom. makanya kayaknya bakal seru nih🙂

  8. anazkia says:

    Jiah, disini, gambar aksi mpok Ratu jelas banget huehehehe… Ini yang bisa ngomong ma binatang khan..??? hebat eui, tapi, kayaknya Mpok Ratu lebih paham bahasanya😀

    Dan ternyata, rupanya ini temen di plukers yah?

  9. Iman says:

    Anazkia, yang “dianggap” bisa bahasa binatang itu si Lukman, bukan ane hehehe. Tapi memang ane curiga Ratu lebih paham bahasa binatang hehehe (ninja).

    Iya benar, saya salah satu teman plurk Ratu. Salam kenal ya🙂

  10. Quinie says:

    iman, makasih udah dateng ya.. besok2 dateng lagih ajah.. huahaha..

    gua juga cinta blogspot! coba deh bikin wp dan bandingkan. pokoknya gua tetep cinta mati ama blogspot. Hidup blogspot!!!!

    cieee yang kenalan ama anazkia.. prikitiwww

  11. Iman says:

    Yoi Quin, blogspot is the best hehehe … bener nih ane boleh dateng ke acara2 Beblog (evil_grin)

    Anazkia itu temen Quinie ya? (blush)

  12. ramadoni says:

    sniff…sniff… *mencium bau2 orang baru kenalan sama lawan jenis* wkwkwkk…. cie bang Iman…

    huh menyesal gak bisa datang saya, dan pastinya akan lebih rame kalo ada saya tuh di sana…wokwokwok…

    udah ah, cuma mau ngunjukin URL baru doank nih sebetulnya ane… (goodluck)

  13. iLLa says:

    1. seep dah reviewnya, kapan deBlogger bikin acara serupa? etapi ga bisa ikutan juga siy😛
    2. eh baru belajar corat mencoret tulisan ya kang? duhh, polos amat,,, (lmao)
    3. sekian dan terima kasih (ninja)

  14. Iman says:

    Don, ente tuh ternyata gemar bergosip juga yah hehehe. Iya nih sayang bener ente ga bisa dateng, pedahal kemarin itu acaranya bagus lho. Bisa belajar banyak buat deblogger nanti.

    Njiyaaahhh yang punya url baru *prikitiw*

  15. Iman says:

    @Illa …
    1. (doh) tolong kegaptekan saya jangan di umumkan kayak gini dong, kan saya pemalu (blush) …
    2. Iya beneran emang ane baru tau cara coret2 tulisan dari si Lukmandisini, jadinya coretannya buanyak banget kan ya hihihi, maklum lagi norak (tongue)
    3. Kembali kasih (ninja)

  16. ajengkol says:

    Alhamdulillah bisa ketemu Iman lagi xixixi gubrak . . . tetep jadi fans kan ? Insya Allah bulan Februari ada blogshop lagi

    Nunggu undangan Blogshop dari deBlogger🙂

  17. antown says:

    bukankah itu angka yang susah bisa mencapai 20ribu perhari, per blog, di inggris?? hmm… saya baru tahu juga sih.

    btw, unisma bukannya univ islam malang? ko namanya sama kayak di bekasi ya

  18. Iman says:

    Mba Ajeng, pastinya senang bisa tambah kenalan sama master-master blog di Beblog, banyak menimba ilmu🙂

    Mudah-mudahan, doakan supaya deBlogger juga segera bangkit dengan program-programnya yg fresh hehehe

  19. Iman says:

    Antown, iya ane juga baru tau di Inggris perkembangan blog sedahsyat itu. Luar biasa memang.

    UNISMA (Universitas Islam 45) Bekasi bro, bukan Malang hehehe.

    Eh ane mau gabung tuh di komunitas yang suka nyeket(membuat sketsa), gimana caranya bro?

  20. leni says:

    mantap, kang iman aktif banget ya di komunitas blogger😀
    saya jadi malu..
    err..
    duh, gimana tanggung jawab saya buat deBlogger nih hukss..
    eh, tapi insya Allah sekarang udah terbebas dari skripsi dan sidang sih.
    jadi insya Allah bisa bantu2x lagi hehe😀

  21. Iman says:

    Lenni wah alhamdulillah skripsi dan sidangnya udahan ya? Gimana hasilnya? Mudah2an yang kita akan dengar adalah kabar gembira ya (mmm)(hungry) hehehe

    Wah kata siapa ane aktif banget? Nggak juga kok. Ini lagi kebetulan aja ada acara Beblog dan ditawari untuk ikutan, ya jadi deh ikuta acara yg memang bagus ini.

    Nah welkombek ya ke deBlogger. Dengar2 kita akan gelar event cukup besar nih dlm waktu dekat *gossip mode*

  22. anazkia says:

    Komen lagi, komen lagi. tentang buku, sebenrnya, yang antum tanya tuh, ane kefikiran juga tapi, pas posting kok yah lupa😦

    Kalau karya Kang Abik yang bikin sesenggukan yah, Pudarnya Pesona Cleopatra, terus kalau mbak HTR, “Ketika Mas Gagah Pergi” N banyak lagi lah..🙂

    Btw, aye emang temenan ama Mpok Ratu tapi, yah itu masih di dunia maya ajah. Orang paling seru dan paling gokil *ngelirik, ada mpok Ratu gak..???* Kita juga tahun lalau sempet bikin klub buku online tapi, dah beberapa bulan sempat kandas nih. Semoga, Insya Allah kedepannya berjalan lancar lagi. Antum mau ikutan Klub Buku Online…??? *promosi..*🙂

  23. Aksa says:

    wah, kayaknya acara ini cocok untuk ane yang masih pemula do blog.. tapi yaaah, gak sempet ikut acara ini.. (cry)

  24. Quinie says:

    @ iman : cieeee cieeee yang kenalan ama anazkiaaa….
    ho oh.. dia temen blogger ana (?!) yang bawel. xixixixi…
    ehm ehm…

    update dongggsss… eh eh kemaren nonbar ama dodi ya? kok ga bilang di metropole sih? gua kira di plango T_T, tapi gag ngaruh sih, blom gajiaaannn. kesian amat gua ya? kapan2 kalo nonton di TIM or metropole, ajak2 guaa

    @ anaz : dohh.. ceritain yang bagus2 ajah dong.. *turun dah pasaran gua…T_T*

  25. Iman says:

    Anazkia, karya2 Kang Abik dan Mba HTR memang masterpiece deh.

    Club buku online ya? Hmmm boljug tuh🙂

  26. Iman says:

    Aksa, padahal ente udah tau pas acara berlangsung ya hehehe. Next deh kalo ada acara sejenis ini ane kasih info ke ente🙂

  27. Iman says:

    Ratu, iya kenapa dirimuh nggak nongol ya kemaren? Lucu abis tuh The Spy Next Door hehehe. Metropole emang paling gampang angkot nyah buat pulang hihihi.

    Percaya deh sama Ratu yang super eksis di dunia perblogan (worship)

  28. alisyahsamosir says:

    acara yang positif, semoga menghasilkan blog-blog yang positif pula.

    Btw, pesertanya kebanyakan cewek ya?

  29. Bang Aswi says:

    Asyik, bisa ikutan workshop. Yang penting, ilmu nambah terus … alhamdulillah. Bagi-bagi dong?

  30. Iman says:

    @alisyah, perasaan jumlah peserta cewek dan cowok berimbang deh. Coba deh dilihat di fot barrnag peserta. Malah kelihatannya cowok mendominasi🙂

    Eh iya, Beblog katanya akan menggelar blogshop semacam ini setiap bulannya, kerjasama dgn Telkom🙂

  31. Iman says:

    Bang Aswi, salam kenal nich🙂 Alhamdulillah dapat kesempatan nambah-nambah ilmu kemarin. Mau ikutan, nanti deh dikabari kalau ada info ya🙂

  32. H says:

    sama kayak kemarin saya ajarin siswa bikin blog, kendala mereka masih awam.

    rasa puasnya saat mereka berhasil bikin postingan pertama.

  33. Iman says:

    Bener banget bro, senang rasanya bisa membuat orang mulai ngeblog. Lihat ekspresi gembira mereka ketika baru pertama kali berhasil mempublish postingan, menginput foto, atau menambahkan tautan link dalam postingannya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s