Malaikat dan Iblis (Angels and Demons) – Dan Brown

Da Vinci Code, tentu sebagian besar dari kita mengetahui tentang kepopuleran (baca : ke”kontroversial”an) buku tersebut. Dengan tajuk mengguncang iman, novel ini walhasil merengguk sukses besar di pasaran seluruh dunia. Dan Brown sebagai penulis novel ini tentu saja menjadi berkibar namanya di jagat pernovelan dunia.

Buku yang berkutat pada keimanan umat kristiani ini akhirnya juga dilayar-lebarkan. Dengan menggandeng Tom Hanks sebagai pemeran tokoh utama (John Langdon) film ini cukup terbilang sukses di pasaran. Di negeri kita bahkan film ini hampir saja dilarang tayang oleh pihak gereja Indonesia.

Mengulang kesuksesan buku pertamanya tersebut, kini tokoh John Langdon kembali bertualang dalam novel sequelnya, yaitu Angels and Demons (Malaikat dan Iblis). Lagi-lagi novel ini cukup mereguk sukses di pasaran.

Kembali mengangkat tema sentral yaitu keimanan kaum kristiani, namun kali ini dipertontonkan betapa ilmu pengetahuan adalah musuh utama bagi kalangan gereja. Novel yang dalam edisi Bahasa Indonesianya ini memiliki ketebalan 650 halaman memiliki daya pikat yang luar biasa. Novel ini menceritakan kejadian yang berlangsung hanya dalam kurun waktu 24 jam!!! Begitu kita memulai untuk membacanya, jangan harap akan mudah untuk menghentikannya hehehe. Simak situs resmi novel ini www.danbrown.com.

John Langdon sebagai seorang ahli simbology dihadapkan pada kenyataan kelompok syetan Illuminati kembali muncul. Kelompok pengusung ilmu pengetahuan ini (baca : musuh gereja) bahkan telah menetapkan korban seorang pastor saintis dari sebuah lembaga penelitian CERN dan empat orang kardinal yang tengah menghadiri pemilihan Paus baru di Vatikan.

Cerita menjadi begitu menarik karena Dan Brown mampu membawa kita ke tempat-tempat yang dikunjungi Langdon. Penuturan setting yang sangat deskriptif, lengkap, lugas, bahkan detail mampu mengikat pembaca untuk terus membaca tiap halaman dengan tambah antusias. Tak banyak penulis yang mampu demikian detail menggambarkan, kecuali JK Rowling kali ya🙂

Kehadiran ambigram (kaligrafi tulisan yang bisa dibaca dari dua sisi) tentang persaudaraan Illuminati benar-benar meyakinkan. Penggambaran isi Vatikan pun begitu meyakinkan. Belum lagi tokoh-tokoh sejarah ilmu pengetahuan yang ditampilkan dengan berani, seperti Galileo dan seniman Bernini.


Sisi humanis kehidupan para pastor dan kardinal ditampilkan di novel ini. Bagaimana pun mereka ternyata juga adalah manusia.

Suatu cerita yang pasti bakal menuai kontroversi ini memang terbukti memiliki nilai jual yang tinggi. Penasaran? Buruan deh baca, apalagi buat yang suka novel petualangan nggak bakal nyesel deh🙂

Malaikat dan Iblis (Angel and Demon)
Penulis : Dan Brown
656 Hal. softcover
Ukuran : 15 x 23.5 cm
Harga :
– SC Koran : Rp. 79.900
– HC Jaket/HVS: Rp. 99.900
ISBN: 979-335-80-7
Terbit : Februari 2005

This entry was posted in Book. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s