Forsa FS 3687 : Gaming Notebook Ekonomis Dengan Spec Muantabb!

Pernah dengar merk Forsa untuk merk Notebook? hmmm saya yakin hanya segelintir saja yang menjawab ya. Karena saya sendiri juga begitu sebelum ini hehehe.

Alkisah … teman saya mau membeli sebuah laptop dengan spec yang paling digdaya serta harga yang masuk akal (baca = ekonomis). Dengan budget sekitar 7 jutaan, ternyata cukub leluasa kita dapat memilah-milih laptop yang paling sesuai selera.

Ngomong-ngomong selera teman saya apa sih? Ini nih kriteria umum laptop impian dia :
– Udah Core 2 Duo
– Nggak lemot (respon cepet)
– Spec digdaya buat kerja sehari2 (office dan beberapa software yg berat2)
– Buat gaming lumayan
– Tampilan nggak jelek (cantik kalo bisa hehehe)
– Layanan purna jual ok

Hampir deh terjebak dengan hanya mencari branded, hingga suatu ketika …


Iseng2 tanya di kaskus mengenai ini, walhasil banyak sekali yang merekomendasikan Forsa. Wah merk apa pula ini???? Asli baru dengar nih merk.

Karena penasaran saya coba searching di om google, walhasil ternyata forsa telah memiliki fans fanatik terutama di dunia maya. Sudah banyak yang memakai merk ini. setidaknya 2 tahun terakhir dengan tingkat kepuasan yang baik. Mereka bahkan saling merekomendasikan ini. Coba deh baca blog review ini.

Untuk budget 7jutaan ternyata Forsa FS 3687 adalah yang paling direkomendasikan karena keunggulan specnya. Coba liat aja sendiri spec ini :

– Intel Core 2 Duo T7250 – 2 Ghz
– Intel 45PM Chipset
– Intel WIFI 5100 ABGN
Memory 2 GB DDR II
Hardisk 250 GB Serial ATA, eSATA
NVIDIA GeForce 9300M GS
– DVD Supermulti
– 14.1 WXGA Glare TFT
– Built in Web Camera 2.0 MP
– Gigabit Ethernet (LAN)
– 3 in 1 Card Reader

Keren banget kan specnya. banyak penggila gaming yang sangat merekomendasikan ini. Coba bandingkan spec ini dengan notebook harga setara pada merk2 yang udah terkenal. Jauh banget deh.

Tapi entah kenapa Forsa kayaknya nggak ada promosi sama sekali. Di pameran komputer kemarin aja nggak ada stand Forsa. Apa pemasarannya memang cukup dari mulut ke mulut aja ya?

Oh ya harganya saat ini bisa dicek di sini.

Akhirnya teman saya kayaknya yakin deh akan membeli Forsa FS 3687 ini. Insya Allah weekend ini akan dibeli. Selamat ya fren🙂

This entry was posted in Notebook. Bookmark the permalink.

28 Responses to Forsa FS 3687 : Gaming Notebook Ekonomis Dengan Spec Muantabb!

  1. Rampadan says:

    Aq juga baru denger mas..Spec nya keren banget ya..Sayang aku udah terlanjur beli axioo..Gmn pun harus tetep disyukuri kan..Dg harga 7jt, aq bakalan langsung ngelirik toshiba atau hp..Hehehehe

  2. Cebong Ipiet says:

    diriku belum pernah denger, malah koyo merek mubil e mas ixixiixix…pake HP diriku

  3. iman says:

    Di kaskus para master laptop merekomendasikan ini. Jadi memang kayaknya udah nggak zaman kita beli berdasarkan brand, toh jeroannya sama semua.Coba deh lihat isi laptop merk2 terkenal, isinya sama kok🙂

  4. Anonymous says:

    ada yang tau ga’,kalo grafisnya ngandalin pake geforce 9300 M, memorinya bisa di pacu ampe kapasitas max brapa yaw?

  5. iman says:

    Di buku manual nya sih tertera memory up to 8 GB. Worth kan🙂

  6. Anonymous says:

    Awalnya aq raqu sama brand ini maklumlah masih asing, tapi setelah coba performancenya memang mak nyos…dengan budget yang pas2an, memang g zamanya lagi lihat brand toh isinya sama saja. Btw forsa FS 3678 yang baru g ada webcam tapi processor ditingkatin pake T7300.

  7. iman says:

    Wah bro, selamat ya udah beli Forsa FS 3687, kasih review nya dong🙂Kemarin saya lihat ada iklan forsa di KOMPAS, di situ tertera hargaFS 3687 = Rp 7.8 juta. Wah kayaknya naik ya. Sebelumnya kalau nggak salah harga sekita 7.5jutaan. CMIIW

  8. panji says:

    forsa mang jos gandos, q juga pake forsa dan 1 than tapi lom pernah trouble. walo cuma pake yang 2212 tapi dah q dah cukup puas koq

  9. Iman says:

    Wah bro Panji, asyik banget ya kayaknya punya Forsa. Kasih review dong bro tentang Forsa 2212.

    Ditunggu ya🙂

  10. Mas iman bisa minta tolong ngulik dikit forsa temennya pake sopwer everst atau yg lain.Pingin tahu nih mobo forsa bikinan mana.Pingin beli forsa tapi katanya optik drivenya suka rewel mbaca cd/dvd…

  11. iman says:

    Bro, saya udah tanya ttg software di Forsa, dia juga nggak ngerti hehehe

    Tapi mengenai masalah pada optik drive nya nggak pernah ada tuh bro, so far baik2 saja.

  12. kemal says:

    wah bos menarik sekali reviewnya saya jga kbetulan sdang mencari laptop yg maknyus yg tntunya speknya bgus bbrpa laptop branded yg saya sudah seperti dell inspiron 1427 yg mempunyai spek yg hampir sama tetapi notebook ini tidak support dengan winxp, dan dsni saya dapat kesimpulan tidak semua produsen laptop mampu menyediakan support online yg baik(drver yg saya cari) pertanyaannya apakah forsa ini mendukung dengan winxp secara keseluruhan(tidak ada masalah dengan driver) dan jga apakah pantas notebook forsa ini dengan motto do it yourself dengan tidak menyediakan link untuk download misalkan di: http://www.forsa.co.id/downloads.aspx , tidak ada untuk mendownload driver untuk notebook tertentu (misal forsa FS-3686)

  13. Iman says:

    Wah dari bahasanya kayaknya Bro Kemal ini expert ya di bidang per laptop an hehehe

    Begini bro, saya nggak terlalu mengerti maksudnya “mendukung dengan winxp secara keseluruhan”, karena Forsa teman saya ini nggak bermasalah dengan keseluruhan fungsi WinXP nya, baik untuk VGA nya maupun untuk sound card nya.

    Saya juga punya teman yang membeli DELL yang berbasis linux, ketika diinstall WinXP ternyata sound nya nggak nongol karena bermasalah dengan drivernya. Nah yang seperti ini kayaknya nggak ditemui deh di Forsa.

    Bro datang aja ke mangga dua, di sana ada service centre nya yang bersedia ditanya2 kok.

    Oh ya, pernah dicoba winXP sp3 nggak keluar audionya, dia ini cocoknya winXP sp2.

    Gitu aja bro, moga membantu ya🙂

  14. kemal says:

    thx ya bung klw ga masalah sama winxp bisa jadi deh bli forsa tpi sayang web online bwt donlot driver ga lengkap tuh bwt forsa, mudah2an service offlinenya (after sales) ga bnyak masalah seperti service2 branded kya beberapa seri lenovo.

  15. Iman says:

    Amien … kalau udah beli kasih reviewnya ya di sini.

    Untuk menilai sebuah produk paling objektif lihat review yg udah beli bro. Coba cari forum orang2 yang udah pake forsa.

  16. Anonymous says:

    mau nanya juga tentang forsa 3687. itu ga pake modem ya??

  17. iman says:

    Seingat saya pas baca spek nya, memang ya bro nggak ada modemnya.

    Tapi memang buat apa bro?

    Kan kalau ngenet kuta kebanyakan gunakan usb modem atau PCMCIA?

    CMIIW

  18. Anonymous says:

    Waduuh kalo semua org berpikiran spt mas bisa bangkrut merek toshiba hp sony dll. Karna udah mengerti makna price & value suatu produk. Brand hanya utk dumber yg penakut. Bila tingkat pendidikan manusia Indo udah diatas rata2 maka laptop merek lokal bisa berkembang. Inget nasib PC 15taon lampau dikuasai merek brand skarg kompi canggih sharga 20juta branded bisa dibeli 12juta dgn rakitan..!!!

  19. iman says:

    Hehehe bro anonym bisa aja

    Saya juga baru tahu kok bahwa kita jangan terjebak dgn brand, toh jeroannya semua sama.

    Senang tanya2 bikin kita dapet pencerahan bro.

    Keep in touch ya🙂

  20. argonaut says:

    cuma saranin ati-ati beli forsa. pengalaman saya beli forsa Poshbook p6 sepintas seh gak ada masalah, gw bisa facebook’an pake nie notebook….tapi ketika gw buka website microsoft.com dan avast.com malah gak bisa masuk sama sekali trus gw coba download firefox makan waktu lebih dari 30 menit.gw kira settingan firewall windowsnya yang ngeblok browser gw tapi ketika firewall windowsnya gw matiin tetep gw gak bisa masuk website tersebut sekarang seh notebook tersebut sedang dikirim keservis center surabaya gak tau kelanjutan nantinya. moga aja supportnya bener soalnya masalah kayak gini gak bisa didektesi secara sepintas cuma dengan ngeliat spec notebook.

  21. Iman says:

    @ Bro Argonaut, saya doakan moga cepat beres ya Forsanya seperti sedia kala.

    So far teman saya pemakai Forsa 3687 masih belum ketemu masalah serupa dengan Bro Argo, mungkin memang kurang beruntung aja.

  22. Anonymous says:

    aku sebenarnya juga pengen beli, katanya harganya 5,6 jt ya? kmrn di pameran kudus hganya segtu.

  23. Iman says:

    Wah saya nggak tau ya harganya saat ini berapa. Kalau memang cuma 5.6 juta sangat layak untuk beli ya🙂

  24. ..hmmm saya kecewa berat dengan pelayanan after sale forsa di bandung… tentang yg produk yg saya pakai, forsa fs 2702 yg kena trouble tapi masih ada garansi 1 tahun lagi, tapi di katakan oleh bagian service forsanya tidak ada sparepartnya u/ netbook tersebut… bagaimana dengan komitmen layanan purna jual forsa???

  25. Iman says:

    Teman sekantor saya menggunakan produk Forsa hampir setahun dan dia kebetulan tidak mengalami masalah apa pun. Coba bro tanya langsung ke customer service yang di Jakarta. Kalau nggak salah ada kan nomor nya di situs resmi Forsa.

  26. Fredy says:

    Hmmm gw pake Forsa 3687 udah dari Oktober lalu, slama ini kendala yg ada juga paling masalah berat nya (yak, Forsa agak berat) jadi kmarin karena sedikit “ketidak beruntungan”, layar monitornya lecet jadi ganti aja skalian yg baru, skarang jadi lebih ringan….

    Klo masalah spare part iya nih Forsa agak ribet, mungkin di pusat” kota besar macam Surabaya (seperti saya) atau Jakarta leih gampang lah. Klo sekedar service doang smua bisa, klo spare part kmarin di Surabaya kudu ampe tunggu 3 hari buat mesen partnya.

    Untuk driver ini memang Forsanya atau awaan sistem tapi hamir kbanyakan drivernya bersifat universal (bisa cross-driver dengan merk lain) kcuali VGA dan chipsetnya aja. Jadi beberapa driver yg gak ada bisa comot dari versi lain slama masi milik Forsa dan speknya sama.

  27. Anonymous says:

    salam kenal semuanya…
    cerita2 sedikit dong reviewnya soal forsa 3687 nya yg sudah dipakai cukup lama…

    thx

  28. nyahnyu says:

    aq bingung nih cari driver webcam forsa 3687 gk dapat2..gmna ya?help me!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s